Adzan Paling Memilukan Di Kuwait Setelah Ada Pemberlakuan Lockdown

Posted on

Ini adalah kumandang adzan dengan nada yang paling memilukan. Suara kumandang adzan yang bergetar dari salah satu masjid di Kuwait itu menjadi sorotan dunia.

Suara adzan dengan nada menyayat itu terdengar dari Masjid Al Kabir, Kuwait pada Jumat kemarin. Adzan yang dikumandangkan oleh imam Masjid Al Kabir benar-benar menyayat hati karena dikumandangkan sembari menangis tersedu.

Jumat kemarin, mestinya umat Muslim berbondong-bondong melaksanakan ibadah sholat Jumat. Namun, sejak diberlakukannya isolasi dan pelarangan pertemuan massal, ibadah bersama, dan aktivitas berkumpul, terkait wabah virus corona, maka masjid itu menjadi sunyi.

Di Kuwait, muazin tidak lagi menyerukan ajakan shalat berjemaah di masjid. Suaranya terdengar parau dan tersendat saat menyerukan kalimat ‘assholatu fii buyutikum’ (shalatlah di rumahmu), yang menggantikan kalimat ‘hayya alash shalah’ (marilah shalat).

Berikut Videonya :


Kementerian Urusan Wakaf dan Urusan Islam Kuwait mengumumkan pada hari Jumat bahwa shalat lima waktu yang biasanya diadakan di masjid telah dibatalkan.

Di negara ini tercatat sudah lebih dari 100 orang positif corona. Kebijakan otoritas agama di Kuwait mulai berlaku beberapa hari lalu yang meminta umat Islam untuk berdoa di rumah. Kebijakan ini lahir di tengah persiapan Uni Emirat Arab melakukan lockdown, dalam melawan penyebaran wabah virus corona baru.

“Pintu-pintu masjid akan ditutup sebagai upaya pencegahan penularan,” kata Kementerian Agama Kuwait dalam sebuah pernyataan resmi, mengutip Reuters.

“Fatwa itu menghilangkan kebutuhan untuk menghadiri shalat pada hari Jumat di masjid-masjid, dan mengizinkan mereka di rumah, untuk melindungi orang-orang dari virus corona.”

Kuwait mengonfirmasi 20 kasus baru dalam 24 jam terakhir, melaporkan total 100 hingga Jumat, kata kantor berita negara KUNA. []