Anies Bentuk Tim Tanggap Covid-19, Ingin Virus Corona Cepat Ditangani

blank

Pembentukan Tim Tanggap Covid-19 yang dibentuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan bentuk perlindungan kepada warga. Tim akan bertugas mengawasi semua potensi penularan penyakit, terutama terkait virus corona.

Anies mengurai bahwa pembentukan tim khusus dilakukan lantaran jajaran SKPD DKI selama ini hanya bekerja untuk menghadapi sejumlah hal rutin yang terjadi.

Sementara sebaran virus merupakan hal yang tidak biasa terjadi dan butuh penanganan lintas instansi.

“Maka kita bentuk khusus dan harapannya ini bisa terhandle dengan cepat,” ujarnya dalam konferensi pers di Balaikota Jakarta, Senin (2/3).

Anies menjelaskan saat ini, tim dari Dinas Kesehatan sudah melakukan penyelidikan epidemiologi, di mana setiap orang-orang yang masuk ke dalam pengawasan akan dipantau dan dibentuk susunan pola interaksinya.

“Siapa berkegiatan di mana, berinteraksi dengan siapa kapan dan lain-lain. Dan pattern pola interaksi itu sudah ada untuk seluruh kasus yang dipantau,” jelasnya

Per siang ini, Anies mengurai bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap 136 orang, di mana 115 orang terpantau sehat dan 21 orang masih dalam pemantauan. Sementara 39 pasien masih dalam pengawasan.

Pemantauan ditujukan kepada orang yang memiliki riwayat infeksi, suhu tubuhnya hangat, dan baru pulang dari negara- negara yang telah terinfeksi.

Sementara pengawasan ditujukan kepada orang dalam pemantauan yang gejalanya bertambah dengan adanya sesak napas. Apabila memiliki gejala tersebut, akan dibawa ke rumah sakit dan diisolasi. Pasien yang di dalam pengawasan disebut dalam bahasa inggris sebagai suspect. [rmol]

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *