Bantah Atur Materi Khutbah Jum’at, Menag Fachrul Razi : Saya Cerita di Arab

blank

Menteri Agama Fachrul Razi bantah wacana yang menyebut Kementerian Agama akan mengatur materi khutbah Shalat Jumat. Fachrul menegaskan wacana yang berkembang saat ini pada dasarnya hanya menceritakan praktik ibadah Jumat di negara lain.

“Enggak ada. Saya cerita yang ada di Saudi. Apa yang ada di negara-negara Arab. Tapi, kita belum pernah mengadakan perubahan apa pun,” kata Menag Fachrul di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.

Menurut Fachrul, ada baiknya jika ingin melakukan sesuatu membandingkan dengan pihak lain, termasuk urusan praktik keagamaan di negara lain. “Oh di Saudi, begini. Di Emirat Arab begini. Apakah kita akan ubah? Saya enggak pernah bilang untuk mengubah kok,” ujar Fachrul.

Ia menegaskan tidak pernah mengeluarkan kebijakan untuk mengatur khutbah Jumat di Indonesia. Mantan Kasum TNI ini mengaku hanya bercerita tentang hasil kunjungannya ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, dan praktik ibadah di negara Islam tersebut.

“Silakan pahami itu. Enggak pernah saya katakan nanti di Indonesia akan begini,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kota Bandung, Yusuf Umar, mengatakan pengaturan materi khutbah di masjid pada Shalat Jumat sudah diterapkan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Menurutnya, pengaturan materi khutbah melalui Kemenag diharapkan bisa menjadi penyejuk di masyarakat.

“Dalam hal ini di Indonesia mungkin (naskah khutbah) lewat Kementerian Agama, dalam rangka dakwah ke masyarakat itu menyejukkan,” ujarnya di Balai Kota Bandung, Selasa, 21 Januari 2020. (vivanews.com)

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *