Benda Ini Sering Mengalung di Leher Gibran, Bikin Penasaran Netizen

blank

Calon Wali Kota Solo nomor urut 1 Gibran Rakabuming Raka kerap terlihat tampil dengan berkalung sebuah benda. Setiap melakukan blusukan, dia hampir selalu berkalung benda tersebut. Apa itu?

Seperti saat menghadiri acara ormas Pemuda Pancasila di kawasan Laweyan, Solo, Minggu (15/11/2020), Gibran juga tampak berkalung benda berbentuk kotak kecil berwarna perak.

Beberapa kesempatan sebelumnya Gibran juga terlihat memakainya. Seperti saat blusukan bersama Ganjar Pranowo di Pasar Klitikan Notoharjo pekan lalu. Kemudian saat mengikuti penyemprotan disinfektan di Gremet, Manahan, Sabtu (14/11/2020).

Bukan jimat atau penolak bala, benda itu diklaim sebagai antivirus. Dia mengaku mengenakannya karena diminta oleh istrinya

“Ini (gambar) Kumamon (maskot wisata salah satu daerah di Jepang). Titipan istri saya, antivirus,” kata Gibran, Minggu (15/11/2020).

Menurutnya, antivirus tersebut dibeli secara online. Namun, tidak diketahui kalung antivirus tersebut diproduksi dari mana.

“Beli online,” jawabnya singkat.

Dilihat dari beberapa situs jual beli, banyak dipasarkan kalung yang diklaim sebagai antivirus. Beberapa di antaranya disebut berasal dari Jepang.

Namun ada pula kalung yang pernah diklaim oleh Kementerian Pertanian sebagai antivirus. Meski banyak dikritik, kalung yang mengandung bahan eucalyptus itu banyak dipasarkan di situs jual beli.(Detikcom)

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *