Hampir Sebulan Lamanya, Misteri Prajurit TNI Hilang di Tembagapura

blank

Hilangnya satu prajurit TNI satuan Batalyon Infanteri 756/Wimane Sili (Yonif 756/WMS) di kawasan Kampung Utikini, Distrik Tembagapura, Timika, Papua, masih menjadi mister. Hampir satu bulang pencarian, prajurit TNI itu belum ditemukan.

Peristiwa itu bermula pada Selasa (17/11) saat Tim Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS yang terdiri 14 anggota melaksanakan patroli di pinggiran sungai Kampung Utikini, Distrik Tembagapura.

Pada pukul 10.25 WIT, setelah melakukan patroli, tim melaksanakan konsolidasi untuk mengetahui keadaan anggota. Kemudian didapati Prada Hengky Sumarlin Zai tidak diketahui keberadaannya. Prada Hengki adalah anggota pengintai depan yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya.

Kepala Penerangan Kodam Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria mengerahkan personelnya untuk mencari keberadaan Prada Hengki.

“Prada Hengky Sumarlin Zai sebelum dinyatakan hilang, sedang melaksanakan patroli dengan timnya di sekitar kampung Utikini, Distrik Tembagapura,” kata Reza, Selasa (24/11/2020).

Dalam pencarian Prada Hengki, TNI TNI melibatkan tetua adat. Assops Kogabwilhan III Brigjen TNI Suswastyo mengatakan tokoh adat setempat mengatakan Hengki masih berada di sekitar Utikini.

Dia menyebut ada cerita supranatural di sekitar lokasi hilangnya Prada Hengki.

“Di sana kan ada cerita-cerita, menurut mereka, Prada Hengki masih di sekitar lokasi hilang,” Kata Brigjen Suswastyo, Kamis (26/11/2020).

Personel gabungan TNI-Polri dan Basarnas sudah turun ke untuk melakukan pencarian. Suswastyo meyakini Prada Hengki masih hidup.

Hampir sebulan keberadaan Prada Hengki masih misterius. Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya hari ini adalah hari ke-26 hilangnya Hengki. Proses pencarian yang melibatkan tim gabungan TNI-Polri dihentikan.

“Kalau yang gaib-gaib, ada atau tidak ada, berbagai cara sudah ditempuh, melibatkan adat juga sudah,” ujar Yoga, Senin (14/12/2020).

Yoga menjelaskan pihaknya telah berupaya mencari dengan cara rekonstruksi di titik terakhir hilangnya Prada Hengki, yakni di pinggiran sungai Kampung Utikini, Tembagapura. Namun tetap saja tak membuahkan hasil.

“Anak ini dulu anak didik saya, jabatannya dia Danki Siswa, yang memiliki intelektual lebih dari rekan-rekannya. Ibadahnya juga bagus,” tambah Yoga.(detikcom)

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *