Ikut Tantangan Unggah Foto Wisuda, Mahfud MD : Saya Lulusan ‘Air Langgar’

blank

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM Mahfud MD turut meramaikan wisuda LDR challenge di sosial medianya. Namun, alih-alih mengunggah potret lawas di depan universitas tempatnya sekolah, Mahfud MD justru mengunggah foto lama dirinya di depan sebuah ‘langgar’.

Dalam unggahannya tersebut, Mahfud mengaku sebagai lulusan sebuah pondok pesantren. Ia pun memberi julukan pondok pesantern itu sebagai “Air Langgar”, sebuah penamaan yang mirip dengan institusi Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya, Universitas Airlangga.

Julukan itu disebut Mahfud MD bukan tanpa maksud, Menkopolhukam ini ingin menunjukkan bahwa dirinya dahulu merupakan anak pesantren yang kerap mandi di sebuah kolam ramai-ramai dengan kawannya.

Maka dari itu, ia namakan tempat menimba ilmunya sebagai “Air Langgar”, kata ‘langgar’ dalam bahwa Jawa berarti sebuah surau atau mushala.

“Ketika orang banyak menyebut asal universitasnya di Amerika, ada yang nanya saya ini lulusan universitas mana? “Saya lulusan Air Langgar”, jawab saya. Air ‘langgar’ adalah pondok pesantren yang airnya adalah sumber yang dipakai ramai-ramai. Tak ada foto saat itu. Tapi sekarang saya bisa berfoto di sisa bangunannya,” tulis Mahfud sembari mengunggah potret dirinya di depan surau yang usang, Minggu (7/6/2020).


Mahfud mengaku dirinya pernah belajar di Pondok Pesantren Almardhiyyah, Pamekasan, Madura. Ia bahkan juga mengaku pernah mengalami penyakit kulit yang umumnya dialami para santri yaitu cangkrangen atau cacar air.

“Dulu? Pernah cangkrangen juga lah. Namanya “korengen” gitu. Itu tahun 1969. Sekarang sudah cukup bersih,” kata Mahfud MD menjawab pertanyaan warganet.

Lulusan Univeritas Gadjah Mada Yogyakarta ini turut meramaikan tantangan Wisuda LDR Challenge yang mulanya diinisiasi oleh presenter Najwa Shihab.

Sebelum Mahfud, ada beberapa tokoh dan pejabat lain seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, serta Fadli Zon yang ikut tantangan Wisuda LDR 2020 dengan mengunggah foto lama mereka ketika wisuda.

Tantangan ini diramaikan untuk mendukung para lulusan tahun 2020 yang tak bisa mengikuti proses wisuda selayaknya lulusan tahun lain karena pandemi corona. (*)

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *