Isu Prabowo Jadi Pembantu Jokowi Diperkuat Pernyataan Ngabalin

blank

Isu bahwa Prabowo Subianto jadi Menteri Pertahanan kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin sempat membuat Partai Gerindra heran bukan kepalang. Namun kini, pihak Istana memperkuat kemungkinan Prabowo menjadi pembantu Jokowi.

“Saya agak heran aja bahwa kemudian ya berita itu kemudian beredar, sumbernya dari mana saya nggak tahu,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019) lalu.

Saat itu, Gerindra lebih ‘sreg’ kemungkinan mendapatkan kursi menteri pertanian, soalnya partai ini punya konsep swasembada pangan. “Ya kalau diterima, ya mungkin pos itu yang diberikan,” kata Dasco saat itu.

Giliran pihak Istana Kepresidenan mengomentari. Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin bersyukur bila isu itu benar menjadi nyata. Dia mengungkit pernyataan Prabowo yang siap membantu pemerintah andai diperlukan.

“Saya senang sekali dengan pernyataan Pak Prabowo kemarin bahwa untuk kepentingan bangsa dan negara beliau dan Gerindra mempersiapkan diri kalau diperlukan oileh pemerintah, oleh Pak Presiden Jokowi,” kata Ngablin usai diskusi di Markas Besar Polri, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Ngabalin menyatakan Prabowo punya jejak karier militer yang moncer. Jika Prabowo benar menjadi Menhan seperti isu yang beredar, maka Ngabalin yakin eks Panglima Kostrad itu bakal memberikan kontribusi yang baik bagi negara.

“Kalaulah nanti benar seperti yang ditulis banyak orang dan yang kita dengar terkait kemungkinan beliau menjadi Menteri Pertahanan atau lain-lain, saya alhamdulillahirabbilalamin. Karena pasti sudah punya latar belakang militer yang luar biasa, kita tahu itu akan memberikan kontribusi terhadap kerja sistem pertahanan negara,” kata Ngabalin.

“Ya mudah-mudahan, amin, Insyaallah,” kata dia usai ditanya apakah dirinya setuju jika Prabowo menjadi Menhan.

Soal peluang elite Gerindra lain, Ngabalin juga memberikan keterangan. Dia mengaku tidak tahu masa depan Wakil Ketua Umum Fadli Zon di kabinet Jokowi. Namun untuk Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo, dia berharap ada tempat di kabinet, yakni di kursi Menteri Pertanian.

“Rumor yang beredar kan diusulkan begitu. Mudah-mudahan iya,” kata Ngabalin.

Ngabalin Perkuat Isu Prabowo Jadi Pembantu JokowiAli Mochtar Ngabalin (Rahel Narda Chaterine/detikcom)

Kembali lagi ke soal Prabowo. Saat bertemu Jokowi di Stasiun MRT Senayan, Jakarta Pusat, 13 Juli 2019 lalu, Prabowo menyatkaan kesiapannya untuk membantu Jokowi.

“Masalah yang beliau pikul besar, kami siap membantu kalau diperlukan, untuk kepentingan rakyat,” kata Prabowo saat itu.

Baca juga: Ngabalin: Kalaulah Benar Prabowo Jadi Menhan, Saya Alhamdulillah

Dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara Pasal 1 ayat 2 menyebutkan bahwa, “Menteri Negara yang selanjutnya disebut Menteri adalah pembantu Presiden yang memimpin Kementerian.” Dalam konteks isu ini, apakah Prabowo bakal benar-benar menjadi pembantu Jokowi? [Dtk]

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *