Jadi Menag, Yaqut Ingin Menjadikan Agama Sebagai Pusat Inspirasi

blank

Ketua Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, telah resmi menjadi menteri agama (menag) baru di struktur kabinet Indonesia Maju.

Usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, sosok yang kerab disapa Gus Yaqut ini memaparkan keinginannya untuk menjadikan agama-agama yang ada di Tanah Air sebagai pusat inspirasi.

“Seperti yang kemarin saya sampaiakan, yaitu bagaiamana membuat agama sebagai inspirasi,” ujar Gus Yaqut dalam jumpa pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12).

Dalam tataran implementasinya, agama bisa menjadi pusat inspirasi baik dalam hal sosial kemasyarakatan, baik melalui organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan, maupun antar umat beragama.

Bahkan, tokoh muda Nahdlatul Ulama ini (NU) memandang agama sebagai pusat inspirasi yang bisa mendukung penanganan Covid-19 di dalam negeri.

“Itu bisa di breakdown, misalnya baik bagaimana dukungan ormas beragama, dukungan umat beragama, dan bisa di breakdown untuk Covid-19 dan pada banyak hal lainnya,” katanya.

Adapun pada pagi ini, Jokowi resmi melantik Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri agama, menggantikan Fachrul Razi yang sudah setahun menjabat.

Tak hanya Yaqut, Jokowi juga melantik Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Selain itu, Jokowi juga melantik Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Muhammad Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

Pengangkatan para menteri baru ini tertuang di dalam  Keputusan Presiden (Kepres) nomor 133/P tahun 2020 tentang Pengisian dan Pergantian Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa bakti tahun 2019- 2024.[rmol]

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *