Jokowi Bedakan Arti Mudik dan Pulang Kampung, Netizen : Perlu Revisi KBBI

blank

Presiden Joko Widodo telah resmi menyatakan larangan mudik untuk tahun ini pada Selasa 21 April 2020. Namun, banyak pihak yang menilai putusan orang nomor satu di Indonesia itu sudah telat karena banyak yang sudah pulang ke daerahnya dan berpotensi sebarkan corona.

Usai Jakarta menerapkan Pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada 10 April lalu, banyak orang-orang yang memutuskan pergi dari Ibu Kota. Sebab, aktivitas di Jakarta sudah banyak yang dihentikan.

Menurut Jokowi, masyarakat yang pergi dari Jakarta dan wilayah sekitarnya adalah kegiatan pulang kampung. Hal tersebut dijelaskan Jokowi pada Najwa Shibab saat wawancara di Istana Merdeka, Selasa 21 April 2020.

“Kalau itu bukan mudik, itu pulang kampung. Yang bekerja di Jabodetabek, di sini, tidak ada pekerjaan, mereka pulang,” jawab Jokowi dalam acara Mata Najwa, Rabu 22 April 2020.

“Apa bedanya?” timpal Najwa.

“Kalau mudik itu di hari lebarannya. Kalau pulang kampung itu bekerja di Jakarta pulang ke kampung,” jelas Jokowi.

“Itu timing saja kan, faktanya orang sudah mudik dan bisa menyebarkan [Corona]?” kata Najwa kembali bertanya.

“Coba liat di lapangan, di Jakarta mereka sewa ruang isi delapan orang. Di sini tidak bekerja, lebih bahaya mana? Di dalam ruangan dihuni sembilan orang, tapi pulang kampung tapi sudah disiapkan isolasi oleh desa?” tutur Presiden.

Sontak pernyataan Jokowi tersebut ramai mendapat respon dari netizen di media sosial. Bahkan, menjadi trending di jejaring sosial Twitter. Sebab banyak yang heran dengan jawaban dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, karena mudik dan pulang kampung memiliki arti berbeda.

Netizen pun berseloroh bila Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) perlu direvisi, sebab mudik di KBBI memiliki arti pulang kampung.

“KBBI besok direvisi pak,,,gak nyampe ilmunya yg nulis di KBBI itu,” tulis akun @HaryantoM****

“Kenapa kepanjangan VVIP harus diperjelas, soalnya sekarang -meski sudah ada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)- sbg Referensi yg sah, arti kata “Mudik” itu menurut Video ini bisa berbeda dgn “Pulang Kampung” spt di KBBI https://kbbi.web.id/mudik.html Mana yg benar pak @jokowi ? ,” tulis @KRMTRoySuryo2.

“Udah semester 6 kuliah jurusan bahasa Indonesia, baru tau banget kalau Mudik sama Pulang Kampung itu beda. Maafiin aku ya KBBI. KBBI gak salah kok aku yang salah,” tulis akun @Hvntime_0331

“Meskipun dikbbi artinya sama tapi menurut presiden saya @jokowi Berbeda, mungkin ada perubahan dikamus kbbi ya?, atau bapak miskom juga sama kbbi? #MataNajwa,” kicau akun @pujhaayulestari.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *