Jokowi Bilang Tak Masalah Presiden Non Muslim

Posted on

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, tidak masalah Presiden Indonesia dari kalangan nonmuslim.

“Tidak ada masalah buat saya,” kata Jokowi dalam wawancara dengan BBC beberapa waktu lalu.

Kata Jokowi, dalam demokrasi, semua warga termasuk dari kalangan nonmuslim bisa menjadi presiden. “Ya kenapa tidak, kalau rakyat menghendaki, dicoba saja rakyat menghendaki atau tidak. Ini demokrasi, kalau rakyat menghendaki kenapa tidak,” jelasnya.

Kata Jokowi, di beberapa daerah ada gubernur non muslim, bupati, wali kota nonmuslim. “Wakil wali kota di Solo Katolik ketika saya jabat wali kota, di Jakarta juga sama, wakil gubernur saya kristen,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, masyarakat Indonesia sangat menghormati perbedaan. “DNA masyarakat Indonesia adalah toleran dan moderat,” pungkasnya. []

Kritik Pengamat Politik

Ketika Jokowi bilang bahwa calon presiden boleh non-muslim, tentu sebagai presiden, Jokowi tak asal bicara. Soal langkah politik, Jokowi sangat terukur. Boleh orang meremehkan, tapi dua periode menjadi presiden bukan perkara mudah. Butuh kemampuan berpolitik kelas tinggi. Jadi, ucapan Jokowi bahwa presiden boleh non-muslim tentu punya arah. Ucapan Jokowi tak keluar di ruang hampa. Artinya, bukan omong kosong..

Selengkapnya baca : Jokowi Siapkan Ahok Jadi Presiden?