Jokowi Butuh Sosok Menko Polhukam Seperti SBY di Era Megawati, Bukan Seperti Mahfud MD?

blank

Tensi politik di tanah air terus meninggi. Terlebih sejak kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) HRS .

Demi mengendalikan tensi tersebut, Presiden Joko Widodo membutuhkan sosok Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) yang mumpuni.

Setidaknya seperti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjabat Menko Polhukam di era Megawati Soekarnoputri.

Begitu kata Direktur Ekskutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy, Satyo Purwanto dalam melihat situasi bangsa ini. Dia menilai Menko Polhukam, Mahfud MD justru gagap menghadapi masalah dan sering membuat pernyataan yang blunder ke publik.

“Peran Menko Polhukam saat situasi sosial politik yang tensinya meninggi saat ini dibutuhkan seorang Menko Polhukam dengan kapasitas seperti SBY ketika di era Megawati,” ujarnya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (20/12).

Satyo Purwanto teringat bahwa saat menjadi Menko Polhukam, SBY mampu menjadi diplomat bagi Presiden Megawati yang cakap. SBY mampu menerjemahkan dan mengeksekusi arah politik negara serta mengendalikan bidang sosial, politik, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Menurutnya, sosok serupa SBY itu kini bisa tercermin dari sosok Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

“Moeldoko mungkin saja memiliki kemampuan tersebut, mantan Panglima TNI di era SBY dan sepertinya mengerti betul keinginan Jokowi serta memiliki grip dengan berbagai entitas politik,” pungkas Satyo. (*)

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *