Muncul Lagi Video Lama Sholawat Pancasila

blank

Sebuah video di Youtube kembali viral. Video tersebut menunjukkan sejumlah orang yang berada di dalam ruangan dan tengah melakukan ritual keagamaan. Menariknya, sejumlah pria yang ada di video tersebut tengah melakukan selawat Pancasila.

Video berdurasi 5 menit 47 detik ini pertama kali diunggah pada Maret 2018 lalu, namun kembali diviralkan di media sosial. Pada video ini, sejumlah pria menggunakan peci berwarna hitam dengan menyerukan sebuah salam.

Di hadapan mereka pula, ada sekumpulan benda mati di antaranya bendera merah putih yang dikelilingi oleh lilin menyala dengan api.

Dikutip VIVAnews dari Youtube chanel Suara Netizen, Kamis, 5 Maret 2020, kelompok tersebut merupakan Paguyuban Sawunggaling yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Berikut bunyi selawat yang dicampuradukkan dengan Pancasila itu:

“Shallallahu ‘Ala Pancasila, Shallallahu ‘Ala Nusantara, dan Shallallahu ‘Ala Indonesia”. Padahal, bacaan sholawat seharusnya adalah, “Shallallahu ‘Ala Muhammad”.

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi, mengatakan sudah mengetahui video ini. Namun, dia menyebut video tersebut merupakan video lama yang kembali diviralkan.

“Itu sudah lama kok sekarang muncul lagi,” ujar Zainut.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *