PDIP Sebut Kinerja Anies Belum Spektakuler Seperti Janji Kampanye, Kalau Jokowi Bagaimana?

blank

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menilai Anies Baswedan belum bekerja optimal selama memimpin Ibu Kota. Pernyataan Gembong itu menanggapi hasil survei Median yang menyatakan 52,5 persen warga puas terhadap kinerja Gubernur Anies Baswedan.

Menurut Gembong, hasil survei itu tak sesuai fakta di lapangan. Berdasarkan penilaian PDIP, kata dia, janji-janji kampanye Anies pada Pilkada 2017 silam masih banyak yang belum terealisasi.

“Bagi kami, fraksi PDIP, melihatnya, sebetulnya tidak sesuai fakta di lapangan. Kenapa tidak sesuai? Karena belum menunjukkan kinerja yang spektakuler, sebagaimana yang dijanjikan dalam kampanye,” kata Gembong saat dihubungi, Selasa (16/2).

Gembong menjelaskan, sejumlah janji kampanye Anies yang belum terealisasi yakni mengenai program DP rumah 0 persen hingga program OKOCE.

Dua program itu menjadi janji kampanye Anies dalam Pilkada DKI bersama Sandiaga Uno saat itu. Nyatanya, menurut Gembong, dua janji tersebut tidak berjalan maksimal.

“Hasil kerjanya apa selama memimpin Jakarta sampai hari ini? Belum ada prestasi yang diukir oleh pak Anies, ketika bicara kinerja,” ungkap Gembong.

Di sisi lain, Gembong mengakui jika Anies memang mendapat sejumlah penghargaan internasional selama menjabat sebagai Gubernur DKI, salah satunya dalam bidang transportasi. Namun, menurut Gembong penghargaan di bidang transportasi itu tak lepas dari program berkesinambungan.

Dengan kata lain, menurutnya, penghargaan itu Anies dapatkan hanya karena menjalankan program-program yang telah berjalan dari gubernur-gubernur sebelumnya.

“Penghargaan yang diterima bukan dari keringat yang dia ukir selama memimpin Jakarta. Misalkan contoh, penghargaan bidang transportasi, apa itu 100 persen kinerja Pak Anies?” jelas Gembong.

“Kan tidak juga, karena ini kinerja yang berkesinambungan,” imbuhnya.

Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Syarif menyampaikan pandangan berbeda ihwal hasil survei tersebut. Menurutnya, hasil survei itu menunjukkan hasil yang sesuai dengan kinerja Anies selama kurang lebih tiga tahun memimpin.

“Saya sependapat. Perasaannya sama lah kira-kira seperti itu. Kinerja Pak Anies lebih tiga tahun ini memuaskan,” ujar Syarif.

Menurut Syarif, dalam tiga tahun ini, Anies secara bertahap dapat menunaikan janji-janji kampanyenya. Oleh sebab itu, Gerindra, kata dia, bakal terus mengawal kepemimpinan Anies hingga akhir masa jabatannya.

Terlebih, saat ini, kader Gerindra, Ahmad Riza Patria juga masih mendampingi Anies sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

“Janji-janji kampanye Anies secara bertahap dapat ditunaikan, karena itu kita Gerindra mengharapkan pada semua masyarakat untuk fokus dulu duet Anies-Ariza tuntas dulu,” ungkapnya.

Kendati begitu, Syarif menilai memang masih ada sejumlah janji kampanye yang belum terealisasi, seperti penanganan banjir dan kemacetan.

“Soal penanganan banjir masih belum maksimal, kemacetan. Isu-isu yang strategis itu belum bisa mencapai sesuai dengan harapan semua. Tapi bidang yang lain saya pikir sudah mendekati sangat memuaskan,” jelas Syarif.

Berdasarkan hasil survei Median, sebanyak 52,5 persen responden mengaku puas dengan kinerja Anies. Hanya 32,5 persen responden yang tidak puas.

Median menggelar survei ini pada 31 Januari-3 Februari 2021 dengan 400 responden warga DKI Jakarta yang sudah memiliki hak pilih. Pemilihan responden melalui metode random dengan teknik Multistage Random Sampling dengan margin of error 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.[]

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *