Peneliti Belgia Temukan Fakta Baru Darah Onta Mengandung Antibodi Virus Corona

blank

Kabar baik dalam wabah Virus Corona atau Covid-19 yang pandemik di seluruh dunia datang dari Belgia.

‘Darah’ Onta dan hewan satu famili dengan Onta (famili Camelidae) seperti Ilama dan Alpaca memiliki antibodi atau bisa jadi antibodi Virus Corona (Coronavirus)

Sebuah laporan yang ditulis dailymail.co.uk menyebutkan, harapan untuk vaksin Virus Corona atau Coronavirus sekarang dapat bergantung pada ‘darah’ llama (Onta).

Informasi itu didapat setelah para ilmuwan menemukan antibodi yang terdapat di dalam ‘darah’ Ilama atau hewan Onta, bisa membantu menetralkan Virus Corona atau Covid-19.

Para peneliti dari Institut Vlaams untuk Bioteknologi di Ghent, Belgia, telah melaporkan molekul dalam ‘darah’ Onta dapat berfungsi sebagai terapi yang berguna selama wabah Coronavirus.

“Kelayakan menggunakan [antibodi llama] … perlu diselidiki lebih lanjut,” demikian sebuah laporan yang dilihat oleh Sunday Times.

Antibodi ini, yang pertama kali digunakan dalam penelitian HIV, telah terbukti efektif melawan virus seperti Middle East Respiratory Syndrome atau Virus MERS dan Severe Acute Respiratory Syndrome atau Virus SARS pada masa lalu.

Sifat luar biasa dari antibodi yang ditemukan dalam ‘darah’ Onta –Onta, llama dan Alpaka– pertama kali ditemukan oleh Universitas Brussels, Belgia, pada tahun 1989.

Ukuran kecil dari antibodi memungkinkan mereka untuk menargetkan virus mikroskopis lebih efektif dalam apa yang dikenal sebagai teknologi nanobody.

Studi di Korea Selatan lainnya, yang dilaporkan dalam jurnal Cell Host dan Microbe, telah menemukan ferret yang terinfeksi Covid-19 merespons serupa pada manusia.

Antibodi dari unta ini dapat menjadi alat yang berguna untuk mengevaluasi kemanjuran [pengobatan antivirus] dan vaksin pencegahan.

Para peneliti di Hong Kong, China, juga menemukan hamster Suriah memiliki reaksi terhadap Covid-19 yang mirip dengan manifestasi infeksi saluran pernapasan bagian atas dan bawah pada manusia.

Penelitian yang dipublikasikan di majalah Science ini menemukan delapan berat badan hamster yang hilang, menjadi lesu, dan mengembangkan bulu yang acak-acakan, postur membungkuk, dan pernapasan cepat ketika terinfeksi virus.

Hewan Onta, Ilama dan Alpaca masih satu famili Camelidae.

Ada perbedaan di beberapa bagian tubuh dari binang tersebut.

Ilama memiliki telinga dengan ukuran lebih panjang dengan bentuk menyerupai pisang.

Telinga Alpaca berbentuk runcing dan lebih pendek dibanding dengan telinga Ilama.

Selain itu, ukuran tubuh Llama lebih besar dan tinggi dibandingkan dengan Alpaka.

Ilama dewasa tingginya bisa mencapai 120 cm dengan berat 113 kg.

Alpaca tingginya hanya 91 cm dengan berat rata-rata 65 kg. Alpaca adalah hewan dalam famili Camelidae yang paling kecil. []

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *