Presiden Jokowi Kembali Bagi-Bagi Sembako di Jalan, Rizal Ramli : Mau Niru Santa Claus?

Posted on

Aksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan sembako dari dalam mobil kembali menuai perhatian publiik.

Hal itu ditunjukkan lewat video viral yang beredar di media sosial. Video itu mulanya dibagikan oleh kanal YouTube iNews dan ramai dibagikan ulang oleh warganet.

Dalam rekaman berdurasi 59 detik itu, disebutkan Presiden Jokowi tengah membagikan sembako di Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/4/2020) sore.

Terlihat iring-iringan kendaraan yang salah satunya ditumpangi oleh orang nomor satu di Indonesia.

Jokowi yang berada di mobil sedan berwarna hitam melambaikan tangan kepada warga lalu menunjuk ke arah belakang.

Beberapa saat kemudian, seorang yang menumpang mobil minibus di belakang kendaraan Jokowi, membagikan sembako kepada warga.

Aksi tersebut tak pelak mengundang komentar dari warganet, meski bukan kali pertama terjadi.

Salah satunya adalah akun Twitter @sociotalker yang membagikan ulang video kendaraan iring-iringan Jokowi saat membagikan sembako kepada warga

Akun @sociotalker lalu berkomentar, “Pak @jokowi, you were not elected to be a santa claus! (Pak @jokowi, Anda tidak terpilih untuk menjadi seorang santa claus –Red),”.


Tak cukup sampai di situ, menurut akun tersebut, mestinya jika presiden ingin menunjukkan kepedulian terhadap rakyat harus ditunjukkan lewat langkah nyata bukan donasi di jalanan.

“Because if you want to show compassion as a president who holds political power, do it with real policy and coordinated actions, not with street donation.

(Jika Anda ingin menunjukkan belas kasihan sebagai presiden yang memegang kekuasaan politik, lakukan dengan tindakan nyata dan terkoordinasi, bukan dengan donasi di jalanan –red),” sambungnya.

Cuitan akun @sociotalker itupun memancing komentar Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Rizal Ramli melalui akun @RamliRizal pun turut mengkritik aksi Jokowi yang membagikan sembako di pinggir jalan.

Sebab, ia menilai Jokowi memiliki banyak kekuasaan untuk menyejahterakan rakyat sehingga semestinya tak sekadar membagi bingkisan seperti Santa Claus.

“(Emoji tertawa) Wong Presiden punya banyak kekuasaan untuk membuat rakyat hidup lebih baik. Lho ini mau niru Santa Claus? Sebegitu haus pengakuan kah?” kata Rizal.

Sejak dibagikan, cuitan Rizal itu telah mendapat lebih dari 1,2 ribu retweets dan 3 ribu likes. []