Pria Bali Diciduk Polisi Usai Sebar Berita Bohong Wapres Ma’ruf Amin Kena Corona

blank

Sebarkan informasi bohong dengan menyebut Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin terpapar virus corona atau Covid-19, pemilik akun Facebook Harta S ‘diringkus’ petugas Direktorat Reskrimsus Polda Bali.

Dilansir dari Beritabali.com (jaringan Suara.com), polisi menangkap IGN Harta pada Selasa (5/5/2020). Ia ditangkap setelah memposting informasi palsu tersebut di grup Facebook Jokowi Presiden.

“Breaking news, wakil presiden Ma’aruf Amin ‘terpapar’ virus corona, sedang dirawat di RS Gatot Subroto. Mohon doanya”. Diketahui, status itu diposting 1 Mei 2020 dan mendapat komentar 409 kali, 67 kali dibagikan dan mendapatkan 557 emoticon.

Postingan lainnya, tertanggal 2 Mei 2020 akun Harta juga memposting berita palsu.

“Bulan depan kita akan kedatangan lagi TKA asal China. Tdk main-main, 5 juta orang akan datang ke Indonesia. Jangan ‘kecolongan’ lagi. Gimana ini Jokowidodo?”. Postingan ini mendapatkan 183 komentar, 3 kali dibagikan dan mendapatkan 85 emoticon.

Terkait ‘penangkapan’ ini, Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Bali, AKBP Gusti Ayu Putu Suinaci membenarkannya.

“Iya, benar. Kemarin telah ditangkap,” katanya, Rabu (6/5) sore.

AKBP Suinaci mengatakan, pengungkapan ini berdasarkan patroli cyber dari unit Cyber Ditreskrimsus Polda Bali. Pelaku terlacak membuat postingan tersebut berlokasi di Denpasar.

“Kami lacak akunnya dan dapatlah yang bersangkutan. Pelakunya berinisial IGN ART. Dia ‘melanggar’ Pasal pasal 14 UU nomor 1 tahun 1946,” ujar mantan Kapolsek Denpasar Barat ini. [Suara]

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *