Ramai ‘Digoreng’ Soal Polusi Jakarta, Netizen : Ujung-Ujungnya Bisnis Bus Listrik?

blank

Usai heboh pembongkaran instalasi bambu Getah Getih, dilanjutkan dengan isu pengelolaan sampah Jakarta yang sempat mencatut nama Risma Walikota Surabaya, kini isu lainnya juga dihembuskan diduga untuk mendiskreditkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kali ini adalah soal polusi udara di Jakarta yang sedang hangat diperbincangkan, terutama oleh pihak yang kontra dengan Anies Baswedan.

Perbincangan soal polusi Jakarta semakin menarik ketika Akun twitter William Runturambi menyampaikan berita media tentang perusahaan bus listrik kepunyaan Kepala Staf Kepresidenan Moledoko.

“Akhir-akhir ini di sosial ramai menggorang-goreng soal polusi udara, terutama di Jakarta.

Ujung-ujungnya jualan bus listrik? “Nah bener kan guys ? 😉

Digoreng isyu Jkt poluted lalu didorong pakai electric bus.

Klu buat conspiracy, jago dah 😉,” tulis William Runturambi, Kamis (1/8/2019).

Cuitan tersebut menyertakan tangkapan layar pemberitaan Liputan6.com “Perpres Turun, Bus Listrik Moeldoko Siap Produksi Massal”

Dalam berita yang dilansir wartakota.info dari Liputan6.com, Bus listrik Moeldoko rencananya mulai produksi Massal Mei 2019

“Mungkin Mei, Juni paling telat. Sudah banyak permintaan,” kata Moeldoko dalam acara Impact Talks di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Produksi massal Bus Listrik ini memang tengah menunggu Perpres (Peraturan Presiden). Karena dengan Perpres ini nantinya produsen Bus Listrik akan mendapat ‘insentif fiskal’, alias bantuan pemerintah seperti subsidi atau keringanan pajak, dll.

Soal Perpres ini sepertinya masih ‘talik ulur’ di lingkaran kekuasaan.

Pada 5 Maret 2019 lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan draf Peraturan Presiden (Perpres) terkait mobil listrik sudah selesai.

“Soal Perpres mobil listrik tadi sudah diserahkan ke saya dan sudah selesai. Tinggal nanti kita serahkan ke Presiden,” ujarnya di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) hingga saat ini belum terbit.

Presiden Jokowi sendiri menyatakan draft Perpres mobil listrik belum sampai ke mejanya.

“Belum sampai di meja saya,” kata Jokowi Jakarta, Kamis (1/8/2019), dilansir detikcom.

 

Netizen lainnya berkomentar :

@zinxanzen : Ujung2 nya : nepotisme juga, kolusi juga, korupsi juga, Orba dihajar terus tapi mre’ka sendiri 10 bahkan mungkin 10.000x lipat lebih parah dari orba. 

.

Sumber :

  • https://www.liputan6.com/otomotif/read/3800506/perpres-turun-bus-listrik-moeldoko-siap-produksi-massal
  • https://finance.detik.com/energi/d-4647650/ditanya-soal-perpres-mobil-listrik-jokowi-belum-sampai-di-meja-saya

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *