Refly: Fadli Zon Ibarat Alien, Partainya ke Pemerintah tapi Rajin Kritik

blank

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyebut Politisi Partai Gerindra ibarat alien jika dilihat dari segi situasi politik yang mengitarinya.

Refly mengungkapkan hal itu melalui kanal YouTube-nya yang dilansir Suara.com, Kamis (5/11/2020).

Dalam tayangan itu, Refly tengah membahas penganugerahan Bintang Mahaputera oleh Presiden Joko Widodo kepada para tokoh yang dikenal kritis seperti Fahri Hamzah, Fadli Zon, dan kini Gatot Nurmantyo.

Refly menyebut bahwa bintang jasa itu cukup meredamkan suara kritis Fahri dan Fadli. Hasil itu dilihat dari dukungan partai keduanya terhadap Bobby Nasution untuk Pilkada Sumatera Utara.

“Terlepas memang karena partainya mendukung Bobby Nasution di Sumatera Utara. Misalnya Partai Gelora dan Fahri Hamzah yang mendukung Bobby Nasution. Sementara Gerindra bergabung juga,” kata Refly.

Refly mengatakan, sikap partai itu membuat Fadli Zon ibarat alien karena pandangan pribadinya yang kerap berbeda.

“Fadli Zon seperti alien, makhluk asing yang ditanam. Partainya merapat ke pemerintah, bahkan Ketua Umumnya menjadi Menteri Pertahanan yang dipercaya Jokowi. Tapi Fadli Zon senantiasa melontarkan kritik,” ujar Refly.

“Walaupun ada juga sedikit beredar dukungan Fadli Zon kepada Bobby Nasution. Tapi in general masih bersuara keras melontarkan kritik terhadap jalannya pemerintahan,” imbuhnya.

Selain Fadli, Refly menyoroti sikap politik Fahri Hamzah. Ia menyebut bahwa Fahri juga punya kans untuk merapat ke Istana.

“Jadi Fahri Hamzah dan Gelora itu juga seperti merapat ke Istana, walaupun dalam beberapa kesempatan kita masih bisa menikmati suara vokal Fahri Hamzah,” tukas Refly.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *