Risma Blusukan Temui Pemulung, Anak Buah Anies : Itu Warga Sekitar!

blank

Kasudin Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Parangi-angin menyebut, penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang ditemui Mensos Tri Rismaharini di kawasan Sudirman-Thamrin merupakan warga sekitar yang berada di Kelurahan Kebon Melati.

“Analisis kita warga (sekitar) Sudirman-Thamrin itu. Itu warga Kebon Melati,” kata Ngapuli saat dihubungi Okezone, Selasa (5/1/2021).

Ngapuli mengatakan, pihaknya juga pernah mendapatkan warga sekitar yang tengah nongkong di kawasan Sudirman-Thamrin. Menurut dia, warga mungkin mengetahui adanya kegiatan blusukan dari Mensos Risma ke Sudirman-Thamrin sehingga berkumpul di lokasi.

“Jadi, pas Bu Menteri datang jadi ramai,” jelas dia.

Dinsos Jakpus tak mengetahui apa motivasi para tunawisma itu berkumpul untuk bertemu Mensos Risma. Namun, kata Ngapuli, selama ini pihaknya selalu berkeliling guna mengantisipasi maraknya gelandangan yang berkumpul di jalanan protokol Ibu Kota itu.

“Kita tetap mobile. Kita koordinasi dengan Satpol PP. Itu kan penegak Perda itu Satpol PP. Kalau ada yang perlu diselamatkan, kita selamatkan. Bahkan kalau ada yang sakit itu kita bawa ke rumah sakit,” tegas dia.

Ngapuli menambahkan, pihaknya akan membawa para tunawisma ke tempat penampungan sementara untuk didata. Nantinya, bila warga tersebut sebagai katagori gelandangan akan dibawa ke Panti Rahabilitasi di Balaraja, sementara PMKS yang lanjut usia dibawa ke panti jompo. “Kalau dia ODGJ, kita bawa ke Panti Sosial Bina Laras,” tandasnya.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kembali blusukan di sekitaran Jakarta. Kegiatan yang gemar dilakukan Risma sejak menjabat Wali Kota Surabaya itu ternyata tetap dilakukan hingga kini.

Seperti pada Senin (4/1/2021) kemarin, Risma menyisir kawasan Sudirman hingga MH Thamrin Jakarta Pusat. Risma menemui beberapa pemulung dan gelandangan. Saat menemui seorang pemulung yang tampak tak lagi muda, Risma pun menawarkan bantuan kepadanya yang diketahui tak memiliki hunian. Risma mengajaknya ke tempat penampungan.

“Ikut saya ya pak, ke rumah, nanti ada temannya banyak bapak. Nanti bapak tetap bisa mulung, saya bantu cari kerjaan ya, ya pak ya, supaya bisa makan, bisa tidur tidak kehujanan, bapak di sini dulu ya, nanti ada yang jemput,” ujar Risma dalam video yang diunggah akun resmi PDI Perjuangan, dikutip Selasa (5/1/2021). []

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *