Trik Sederhana yang Diklaim Sebagai Cara Jokowi Selalu Menang Di Pemilu

blank

Presiden Joko Widodo dianggap sebagai sosok ‘fenomenal’ di negeri ini. Sebab dalam lima pemilu yang diikuti, Jokowi tidak pernah sekalipun kalah.

Pemilu itu dilakukan di Solo dua kali, DKI Jakarta sekali, dan dua kali pilpres.

Andi Zulkarnain bahkan menobatkan diri sebagai peneliti sosok Jokowi untuk menguak kunci sukses mantan walikota Solo tersebut.

Menurut Andi, ada trik sederhana yang dilakukan Jokowi sehingga tidak pernah kalah. Mantan gubernur DKI Jakarta itu, sambungnya, hanya mengolah sedemikian rupa kelemahan menjadi kekuatan.

“Trik itu adalah kisah tentang perjuangan Jokowi yang berhasil mengolah kelemahan menjadi kekuatan,” ujarnya di Auditorium Perpustakaan Nasional Jakarta, Kamis (25/7).

Salah satunya, urai Andi, adalah saat Jokowi memanfaat kelemahan sebagai figur yang tidak berasal dari kalangan elite di pilpres.

Jokowi memang bukan berasal dari trah elite politik, bukan pimpinan partai, juga bukan pengusaha kaya. Jokowi juga bukan sosok yang berasal dari kalangan militer, intelektual, dan aktivis.

Tapi semua itu mampu diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan simpati dari publik.

“Sehingga Jokowi panen simpati,” terangnya.

Selain itu, ayah tiga anak itu dinilai berhasil menyakinkan masyarakat Indonesia dengan penyampaian keberhasilan-keberhasilan yang diraih selama menjadi pejabat publik.

“Sehingga masyarakat suka dan puas,” pungkasnya.

.

Sumber : rmol

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *