Viral Video Uang Redenominasi Bergambar Presiden Jokowi, Begini Kata BI

blank

Media sosial dihebohkan dengan munculnya uang rupiah baru yang sudah diredenominasi. Uang baru itu direkam dengan narasi redenominasi.

Video tersebut diunggah di akun Instagram @jakarta.keras. Akun itu menyertakan sumber video yang berasal dari toktok/aku.ijot.

“Pada setuju gak sobi?” tulis akun tersebut.

Video itu merekam uang kertas rupiah dengan nominal Rp 100. Uang kertas itu berwarna merah dengan tulisan besar Bank Indonesia (BI) beserta dengan logonya, lengkap juga dengan nomor seri.

Di satu sisi uang itu terpampang foto setengah badang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sementara di sisi lainnya bergambar Istana Negara.

Di dalam video juga ada narasi ‘Katanya Indonesia mau Redenominasi’. Dituliskan juga uang Rp 10.000 akan menjadi Rp 10, Rp 50.000 menjadi Rp 50 dan Rp 100.000 menjadi Rp 100.

Kata BI

Terkait beredarnya video tersebut, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, uang tersebut bukan berasal dari Bank Indonesia.

“Bukan dari BI, tapi kami monitor,” kata Erwin saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (8/2/2021). “Kelihatannya ini anak-anak iseng di TikTok terus masuk Instagram dan juga FB. Kami dengar yang membuat sudah minta maaf,” tambahnya.

Pihaknya juga meminta agar semua unggahan terkait uang tersebut untuk segera dihapus. Dia juga mengajak masyarakat untuk berhati-hati apabila membuat konten yang berhubungan dengan uang rupiah.

“Kami ingin ajak masyarakat untuk berhati-hati urusan ini. Bagaimanapun rupiah adalah lambang kedaulatan NKRI,” jelas dia.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *