Viva Yoga: Deklarasi Partai Ummat Tanda Amien Rais Resmi Keluar Dari PAN

blank

Deklarasi pendirian Partai Ummat menjadi penegas bahwa Amien Rais bukan lagi bagian dan tidak lagi ada keterkaitan dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

Begitu tegas Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Kamis (1/10).

Menurutnya pengumuman berdirinya Partai Ummat menjadi tanda Amien Rais keluar dari PAN secara resmi dan legal konstitusional.

“Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu, Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN,” imbuhnya menegaskan.

Viva menuturkan, keluarga besar PAN mengucapkan selamat kepada Partai Ummat yang didirikan mantan seniornya di partai matahari putih.

“PAN mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat di gelanggang politik. Secara ideologi politik, PAN dan Partai Ummat berbeda. PAN berideologi Nasionalis-Relijius, Partai Ummat itu partai Islam. Keperbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat,” tuturnya.

Viva juga menegaskan bahwa PAN tidak ada program khusus berkaitan dengan berdirinya Partai Ummat. PAN, kata dia, saat ini tetap fokus untuk menyelesaikan konsolidasi organisasi sampai ke tingkat desa melalui kegiatan permusyawaratan, membuat program kemanusian untuk membantu pemerintah memberantas pandemi Covid 19.

Kemudian, menjalankan fungsi konstitusional di lembaga legislatif, termasuk fungsi kontrol dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan, serta masif bergerak membangun proses perkaderan partai.

PAN meyakini bahwa kader dan pengurus PAN memiliki rasionalitas politik dan berakal sehat. Mereka akan tetap istiqomah dan cinta PAN,” ucapnya.

“Jika ada anggota yang keluar dari PAN dan ikut Partai Ummat, itu hanya sebagian kecil saja. Non signifikan. Tidak bedol desa. Apalagi sampai saat ini tidak ada satupun anggota legislatif, di DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota maupun kader di lembaga eksekutif yang menyatakan keluar dari PAN dan bergabung di Partai Ummat,” demikian Viva Yoga.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *